Adopsi M Bloc, Ambon Bakal Disulap Jadi Kota Musik

Jum'at, 26 Juli 2019 - 04:21 WIB
Adopsi M Bloc, Ambon...
Adopsi M Bloc, Ambon Bakal Disulap Jadi Kota Musik
A A A
JAKARTA - Kota Ambon yang berada di Maluku sangat tertarik untuk memiliki sebuah creative hub multifungsi untuk menjadi ruang kreasi bagi semua orang terutama kalangan milenial. Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy pun melakukan studi banding ke M Bloc Space di Jakarta, yang merupakan pilot project untuk industri kreatif tersebut.

Sebelumnya, salah satu penyanyi berdarah Maluku, Glenn Fredly bersama PT Ruang Riang Milenial yang berkolaborasi dengan PT Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia membangun proyek M Blok, yang bakal dijadikan ruang kreatif bagi seniman atau musisi di Jakarta. Pada proyek tersebut, Glenn merupakan salah satu pelopornya.

Dengan didampingi sejumlah pejabat pemerintahan daerahnya saat studi banding, Richard Louhenapessy mengungkapkan, ingin mengadopsi ide tersebut guna memfasilitasi jiwa kreativitas pemuda di Ambon.

"Ambon kan kotanya kecil. Ide yang akan kami adopsi ini bisa merangsang kreativitas anak muda, dan dalam kunjungan ini saya mendapat banyak ilmu dari sini. Saya yakin ini akan menjadi pusat pengembangan bisnis kreasi. Yang paling utama adalah mengembalikan citra Blok M," ujar Richard Louhenapessy saat ditemui SINDO dalam kunjungannya ke M Bloc, belum lama ini.

Richard menambahkan, selama ini Ambon dikenal sebagai pelayanan jasa. Namun, pada dasarnya, dia menegaskan bahwa 'darah' masyarakat Ambon adalah musik. "Orang Ambon kan DNA-nya musik. Itu yang mau kami kelola dari sekadar hobi menjadi kreatif dan potensial. Segala sesuatu kami arahkan dengan musik," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Glenn Fredly menyambut baik dan positif akan dibangunnya gedung konser serta ruang kreatif bernama M Bloc dan rencananya akan menjadi pilot project bagi Kota Ambon yang akan menjadi kota musik. Menurutnya, saat ini, Indonesia kekurangan tempat yang memfasilitasi musisi untuk tampil dan berinteraksi dengan pendengar termasuk di Ambon yang wilayahnya terbatas.

Pelantun lagu Kasih Putih itu menyebut kehadiran M Bloc sangat membantu musisi nantinya. Terutama dalam hal menyediakan wadah untuk tampil memperdengarkan karya. "Ini sebenarnya mimpi banyak pelaku kreatif terutama musik. Saya pribadi melihat sejak awal proses ini berjalan saya yakin bahwa tempat ini memang nantinya bisa dibilang harus menjadi tempat creative hub, tempat baru untuk teman-teman milenial," ungkap Glenn.

Dengan adanya wadah bagi musisi, menurut Glenn, tentunya ke depan industri musik bakal terus bergairah. Otomatis regenerasi dan kemunculan musisi berbakat lainnya akan ramai.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)